Minggu, 30 Juli 2017

Contoh Perkembangan Teknologi Komunikasi

Ilustrasi : Teknologi (https://pixabay.com/en/robot-machine-technology-science-2178590/)

























     Peran teknologi dan informasi tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan pada saat ini. Teknologi, informasi, dan teknologi informasi hadir dalam segala segi kehidupan. Bahkan untuk beberapa profesi yang dahulu sepertinya tidak membutuhkan teknologi dan sistem informasi, mulai mengandalkan teknologi dan sistem informasi untuk dapat bertahan dan berkembang, profesi seperti "ojek" yang dahulu hanya seolah menunggu penumpang yang datang namun pada saat ini mulai banyak berkembang teknologi dan sistem informasi yang menjadikan para "driver ojek" terhubung dalam jaringan luas yaitu internet untuk bisa  mendapatkan penumpang. Salah satu contoh manfaat luar biasa dari teknologi dan informasi yang sudah dirasakan umat Manusia adalah bahwa pada tahun 1969, berkat teknologi yang luar biasa mampu membawa Manusia untuk mendaratkan kakinya pada satelit alami bumi atau dikenal sebagai Bulan.
     Pada Kesempatan kali ini, akan dibahas secara singkat mengenai perkembangan teknologi, khususnya teknologi komunikasi yang terjadi beberapa tahun terakhir dan banyak ditemukan dalam barang elektronik yang biasa digunakan sehari-hari.

  1. Bluetooth
Pic : Bluetooth (http://techviruz.blogspot.co.id/2016/02/bluetooth.html)
     Mungkin masyarakat sudah tidak asing lagi mendengar kata "Bluetooth", yang mungkin langsung terbayang adalah bahwa teknologi ini biasanya digunakan untuk mengirim file baik gambar, musik, ataupun video. Bluetooth ini sendiri sebenarnya merupakan produk teknologi yang sudah cukup lama hadir. Diciptakan tahun 1994 oleh Ericson yang awalnya digunakan sebagai suatu alat pengganti konektor kabel. Dengan kemampuanya yang dapat terkoneksi dengan beberapa perangkat secara bersamaan serta dapat membuat Personal Area Network (PAN) dengan tingkat keamanan yang cukup tinggi menjadikan Bluetooth sebagai teknologi yang diminati dan masih diterapkan hingga saat ini meskipun pada perkembangannya banyak ditemukan kasus kejahatan yang dilakukan melaui Bluetooth. 
     Teknologi Bluetooth, saat ini sudah sangat lazim ditemukan dalam perangkat telepon genggam, baik yang berasal dari golongan features phone hingga smart phone menanamkan fitur Bluetooth untuk mendukung komunikasi terlebih untuk mendukung pertukaran file atau informasi secara cepat, bebas biaya, dan aman. Saat ini, teknologi bluetooth yang paling banyak digunakan adalah versi 4.2. Kelebihan bluetooth versi 4 adalah konsumsi daya yang rendah dalam penerapannya. Versi terbaru dari Bluetooth ini adalah versi 5 yang dirilis pada tahun 2016.


      2. NFC (Near-Field Communication)


Pic : NFC (https://i.ytimg.com/vi/sN1GFa1DO3k/maxresdefault.jpg) 

     NFC merupakan teknologi yang memanfaatkan sistem RFID (Radio Frequency Identification) untuk melakukan pertukaran data secara berdekatan. Pada tahun 1983, paten pertama menyangkut RFID diberikan kepada Charles Walton dan baru pada tahun 2006 Nokia mengeluarkan ponsel dengan teknologi NFC pertama, yaitu Nokia 6131. 
     Pada saat ini, NFC sudah banyak diterapkan pada perangkat ponsel pintar ataupun pada benda-benda disekitar kita, misalnya pada kartu kredit. Dengan teknologi ini, pertukaran data antar perangkat hanya membutuhkan waktu sepersepuluh detik (NFC berjalan hanya apabila perangkat yang terhubung berjarak sangat dekat) dan tidak memerlukan setting manual seperti pada Bluetooth serta jika pertukaran data telah selesai, maka NFC akan berhenti secara otomatis.
      Adapun penggunaan NFC dalam kehidupan sehari-hari, sudah sangat umum ditemukan bahkan tanpa disari secara langsung. Contoh nyata penggunaan Teknologi NFC ini adalah E-toll Card yang mulai berkembang di masyarakat selai itu NFC bisa digunakan dalam pembelian tiket kereta ataupun kartu kredit yang telah terintegrasi NFC.


     3. LoRa (Long Range)

LoRa : https://www.lightwell.eu/en/portfolio/lora/

     LoRa (Long Range) adalah suatu format modulasi yang unik dan mengagumkan yang dibuat oleh Semtech. modulasi yang dihasilkan menggunakan modulasi FM. Inti pada pemrosesan menghasilkan nilai frekuensi yang stabil. metode transmisi juga bisa menggunakan PSK (Phase Shift Keying), FSK(Frequency Shift Keying) dan lainnya. Nilai frekuansi pada LoRa bermacam-macam sesuai daerahnya, jika di Asia frekuensi yang digunakan yaitu 433 MHZ, di Eropa nilai frekuensi yang digunakan yaitu 868 MHZ, sedangkan di Amerika Utara frekuensi yang digunakan yaitu 915 MHZ.



Fitur-fitur yang tersedia di LoRa adalah :
  1. Geolocation, fungsi ini memungkinkan kita dapat mendeteksi lokasi keberadaan suatu benda tanpa biaya alias gratis.
  2. Biaya Rendah, dapat mengurangi biaya dengan 3 cara : mengurangi biaya infrastruktur, biaya operasional dan sensor-sensor yang mempunyai jaringanya sendiri.
  3. Terstandar, dibuat agar dapat berinteraksi den berfungsi dengan produk atau sistem lain, sehingga dapat cepat beradaptasi dengan jaringan dan aplikasi IoT.
  4. Daya Rendah, dengan konsumsi daya yang dibutuhkan hanya berkisar dari 13Ma hingga 15Ma. Sehingga baterai dapat bertahan dari 10 higga 20 tahun.
  5. Jarak Jauh, satu unit LoRa dapat memancarkan hingga 100KM.
  6. Aman, Tertanam end-toend enkripsi AES128
  7. Kapasitas Tinggi, Mendukung jutaan pesan per base station, ideal untuk operator jaringan publik yang melayani banyak pelanggan
Contoh diagram jaringan LoRa 

     Adapun penggunaan teknologi LoRa ini sudah mulai diterapkan pada pembuatan lampu jalan / lampu penerangan jalan. Walaupun belum setenar NFC, namun pada masa mendatang teknologi ini diperkirakan akan sangat berkembang dikarenakan keunggulannya dari teknologi lainnya.

Sekian. Terima Kasih


Sponsored : 
www.logicgates.id -The Best Solution For Your Electronic Needs-
Menyediakan berbagai jenis komponen elektronik original dengan merk ternama (Samsung, Infineon, Diodes, dll). Bekerjasama dengan distributor resmi dari WPG Holding (World #1 Semiconductor)
Support : 0895.2112.3760 / (021) 2903 8418


Sumber : 
     http://www.plimbi.com/article/88772/mari-mengenal-lebih-dekat-dengan-fungsi-dan-apa-it
     https://www.facebook.com/notes/global-teleshop/sejarah-perkembangan-teknologi-bluetooth-hingga-versi-40/497027370320729/ 
     https://id.wikipedia.org/wiki/Pendaratan_di_bulan
     https://www.logicgates.id/blogs/news/apa-itu-lora
     https://id.wikipedia.org/wiki/Near_field_communication#cite_note-16

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hindari Komentar Provokatif, Mengandung SARA atau Bullying - Be a Smart Internet User -